- Brokerage
Karakteristiknya:- Disebut “market makers”, menghubungkan pembeli dan penjual dan melakukan fasilitasi transaksi
- Bisa dalam kelompok B2B, B2C ataupun C2C
- Biasanya mengenakan fee atau komisi pada setiap transaksi
- Advertising
Karakteristiknya:- Pengembangan dari model usaha tradisional penyiaran
- Berupa website yang menyediakan content dan jasa (email, chat, forums) yang dipadukan dengan pesan-pesan komersial (iklan) dalam berbagai bentuk (banner)
- Bisa sebagai content creator atau content distributor/provider
- Model dapat sukses bila viewer-traffic-nya besar atau sangat specific
- Merchant
karakteristiknya :- Usaha yang menjual produk secara grosir atau eceran dengan memanfaatkan internet sebagai sarana interaksi
- Transaksi dapat terjadi berdasarkan harga terdaftar (list price) ataupun lelang.
- Virtual Merchant atau e-tailer adalah usaha retail yang hanya beroperasi pada internet
- Manufacturer (direct)
Karakteristiknya:- Model dimana suatu manufaktur (penghasil produk/jasa) bertransaksi dengan pembelinya secara langsung sehingga memotong jalur distribusi
- Umumnya bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan layanan pelanggan
- Affiliate
Karakteristiknya:- Memberikan insentif finansial kepada situs situs mitra afiliasi yang bekerja sama dalam jaringan
- Insentif diberikan sesuai dengan unjuk kerja yang disebut click-through dimana konsumen akan memasuki situs melalui situs situs mitra-mitra (web surfing)
- Community
Karakteristiknya:- Model yang menggandalkan loyalitas dari pemakai (anggota dari suatu komunitas tertentu)
- Penghasilan didapatkan dari penjualan produk atau jasa terkait dengan kegiatan komunitas (buku, trainning, konferensi dll.) dan/atau sumbangan sukarela
♥ My Diary Mobile ♥
Monday, March 21, 2011
Jenis Model Usaha E-Commerce
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment