♥ My Diary Mobile ♥


Saturday, March 19, 2011

Klasifikasi Model Bisnis E-commerce

  • Business to Business (B2B), dengan karakteristik :
  1. Trading partners yang sudah saling mengetahui dan terjalin hubungan yang berlangsung cukup lama di antara mereka.
  2. Pertukaran data dilakukan secara berulang dan berkala dengan format data yang telah disepakati.
  3. Salah satu pelaku tidak harus menunggu partner mereka lainnya untuk mengirimkan data.
  4. Model yang umum digunakan adalah peer-to-peer, di mana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis.
  • Business to Consumer (B2C), dengan karakteristik:
  1. Terbuka untuk umum, di mana informasi disebarkan secara umum.
  2. Service bersifat umum, sehingga mekanismenya dapat digunakan oleh orang banyak.
  3. Service yang diberikan berdasarkan permintaan.
  4. Sering dilakukan sistem pendekatan client-server.
  • Consumer to Business (C2B), dengan karakteristik:
  1. E-commerce antara individu dan perusahaan secara langsung.
  2. Dengan semakin banyaknya individu yang menawarkan produk dan jasa melalui internet maka pasar C2B semakin potensial.
  3. Perusahaan mendapatkan akses yang luas pada produk dan jasa ditawarkan oleh individu.
  • Consumer to Consumer (C2C), dengan karakteristik:
  1. E_commerce antara individu dan individu secara langsung.
  2. Dengan semakin banyaknya individu yang terhubung pada internet maka pasar C2C semakin potensial.

No comments:

Post a Comment