♥ My Diary Mobile ♥


Monday, March 21, 2011

Jenis Model Usaha E-Commerce

  1. Brokerage
    Karakteristiknya:
    • Disebut “market makers”, menghubungkan pembeli dan penjual dan melakukan fasilitasi transaksi
    • Bisa dalam kelompok B2B, B2C ataupun C2C
    • Biasanya mengenakan fee atau komisi pada setiap transaksi
  2. Advertising
    Karakteristiknya:
    • Pengembangan dari model usaha tradisional penyiaran
    • Berupa website yang menyediakan content dan jasa (email, chat, forums) yang dipadukan dengan pesan-pesan komersial (iklan) dalam berbagai bentuk (banner)
    • Bisa sebagai content creator atau content distributor/provider
    • Model dapat sukses bila viewer-traffic-nya besar atau sangat specific
  3. Merchant
    karakteristiknya :
    • Usaha yang menjual produk secara grosir atau eceran dengan memanfaatkan internet sebagai sarana interaksi
    • Transaksi dapat terjadi berdasarkan harga terdaftar (list price) ataupun lelang.
    • Virtual Merchant atau e-tailer adalah usaha retail yang hanya beroperasi pada internet
  4. Manufacturer (direct)
    Karakteristiknya:
    • Model dimana suatu manufaktur (penghasil produk/jasa) bertransaksi dengan pembelinya secara langsung sehingga memotong jalur distribusi
    • Umumnya bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan layanan pelanggan
  5. Affiliate
    Karakteristiknya:
    • Memberikan insentif finansial kepada situs situs mitra afiliasi yang bekerja sama dalam jaringan
    • Insentif diberikan sesuai dengan unjuk kerja yang disebut click-through dimana konsumen akan memasuki situs melalui situs situs mitra-mitra (web surfing)
  6. Community
    Karakteristiknya:
    • Model yang menggandalkan loyalitas dari pemakai (anggota dari suatu komunitas tertentu)
    • Penghasilan didapatkan dari penjualan produk atau jasa terkait dengan kegiatan komunitas (buku, trainning, konferensi dll.) dan/atau sumbangan sukarela



No comments:

Post a Comment